BIKIN VIRAL

follow us

Antrean Menumpuk di Bandara Soekarno-Hatta, Tanpa Physical Distancing

Ratusan penumpang dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, tiba di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara. Total terdapat 106 penumpang.
"Hari ini penerbangan di KNIA ada 7 penerbangan datang dan pergi dan jumlah penumpang sekitar 287 penumpang yang datang dan pergi. Sekitar 106 penumpang dari CGK-KNO," kata Plt Branch Communication and Legal PT Angkasa Pura II (AP II), Paulina Simbolon, Kamis (14/5/2020).

Paulina menyebut pihaknya selaku pengelola bandara telah melaksanakan tugas sesuai ketentuan peraturan yang dibuat Kementerian Perhubungan. Dia mengatakan para penumpang yang hendak berangkat dari dan tiba di Bandara Kualanamu telah melewati proses pemeriksaan ketat sesuai dengan protokol pencegahan penyebaran virus Corona.

"Seperti diketahui, pada masa pengecualian dalam pembatasan penerbangan ini, calon penumpang harus melengkapi dokumen serta melakukan verifikasi kelengkapan dokumen sebagai syarat untuk bisa melaksanakan proses check in. Verifikasi dokumen dilakukan oleh personel gabungan dari sejumlah instansi yang masuk dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang ada di posko pemeriksaan," ujar Paulina.
Dokumen yang diverifikasi sebagai syarat calon penumpang dapat berangkat adalah tiket penerbangan, surat keterangan dinas, surat bebas COVID-19, dan dokumen lain sesuai dengan Surat Edaran No 4/2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19 yang diterbitkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

"Kami juga mengimbau kepada seluruh pengguna jasa bandar udara untuk mengikuti aturan yang ada guna pencegahan penyebaran COVID-19, seperti menerapkan social distancing dan physical distancing di area bandar udara, menggunakan hand sanitizer, serta menerapkan pola hidup bersih demi keamanan dan kesehatan bersama," ujar Paulina.

Sebelumnya, viral foto kondisi Terminal 2 Bandara Soetta yang penuh sesak pagi ini. Terlihat para calon penumpang berdesak-desakan di Terminal 2. Mereka tampak membawa berkas-berkas persyaratan.
"Begitu masuk T 2E, tidak ada kejelasan, dari pintu masuk sudah terjadi penumpukan tanpa adanya penerapan physical distancing. Saya sampai desak-desakan," ujar salah satu penumpang, Reza, yang hendak pergi ke Bali.

Pihak Bandara Soetta mengatakan mereka yang mengantre adalah penumpang yang jadwal penerbangannya di bawah pukul 12.00 WIB. Para calon penumpang itu mengantre saat menjalani pemeriksaan dokumen.

"Antrean tersebut hanya berlangsung kurun waktu, dan sudah kembali sepi saat ini. Antrean tersebut mengingat keterbatasan akan destinasi yang diterbangkan, di mana para penumpang takut untuk tidak terangkut karena masalah pemeriksaan dokumen. Garis pembatas ada, hanya karena ketakutan tidak terangkut itu saja yang kemudian terjadi hal tersebut dan dalam waktu yang sebentar," demikian bunyi laporan pihak Bandara Soetta.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar