INFO : 4 Mahasiswa Asal Indonesia Bunuh Diri di Australia

Sumber Tagar.id

Kuliah di luar negeri, seperti di Australia, tidaklah seindah yang dibayangkan karena banyak masalah yang dihapadi mahasiswa, terutama mahasiswa dari luar Australia yang disebut mahasiswa internasional.


Seperti dilaporkan “ABC News”, 10 September 2019, tujuan untuk menyelesaikan pendidikan atau kuliah dengan sukses jadi tekanan terhadap sebagian mahasiswa internasional. Yang tidak bisa menghadapi tekanan ini dikabarkan memilih jalan pintas yaitu bunuh diri.

Dilaporkan terjadi 27 kasus bunuh diri di kalangan mahasiswa internasional di Victoria, Australia. Empat di antaranya adalah mahasiswa yang berasal dari Indonesia. Sayang, laporan “ABC News” itu tidak merinci asal empat mahasiswa Indonesia itu dan apa pula penyebabnya.

Soalnya, dari hasil studi seperti yang dilaporkan Lembaga Coroners Court di negara bagian Victoria (CPU), penyebab bunuh diri beragam. Ada lima kasus bunuh diri mahasiswa internasional yang mereka temukan ternyata penyebabnya karena mereka tidak bisa membayar uang kuliah. Tapi, ada juga yang tidak bisa bayar uang kuliah karena uangnya habis di meja judi.

Suresh Rajan. Dewan Komunitas Etnis di Australia Barat, dalam 10 tahun terakhir menangani 12 kematian karena bunuh diri di komunitas India di Australia Barat. Menurut Suresh, data dan angka yang kurang tentang kasus bunuh diri jadi tantangan bagi dia untuk melihat apa yang dibutuhkan dari aspek mental untuk mencegah bunu diri, khususnya pada etnis lain.

Soalnya, Suresh menemukan kasus bunuh diri karena cinta, termasuk penolakan cinta pada hubungan sesama jenis di sejumlah budaya mahasiswa dan etnis internasional yang ada di Australia, khususnya Australia Barat.

Lebih rinci Suresh mengatakan kasus bunuh diri karena cinta dan penolakan hubungan sesama jenis tidak hanya dialami mahasiswa asal India,  tapi juga dialami mahasiswa asal Malaysia dan Singapura.

Di Australia mahasiswa internasional, seperti dari India, Malaysia dan Singapura mungkin juga dari Indonesia, bisa terbuka soal orientasi seksual, dalam hal ini hubungan sesama jenis atau homoseksual, tapi mereka tidak bisa menyampaikan hal itu kepada keluarga mereka. Ini salah satu faktor pemicu masalah pribadi yang bisa berakhir dengan bunuh diri.

Artikel Lengkap : tagar.id/4-mahasiswa-asal-indonesia-bunuh-diri-di-australia
BAGIKAN SEGERA WhatsApp

SARAN DARI KAMI