Ketika Orang Lain Berkata Buruk Padamu, Sesunguhnya Dia Menunjukkan Bahwa Dia Tidak Lebih Baik Darimu

Pada awalnya tidak akan ada orang yang terima bila dirinya dihinakan, direndahkan, dan perlakukan buruk oleh orang lain. Tetapi saat dia merendahkan hatinya, menenangkan hatinya dengan sabar dan ikhlas, maka tentu semuanya akan baik-baik saja.
Oleh karenanya, ketika orang lain berkata buruk padamu, apapun bentuk perkataan itu bila memang kamu merasa tidak melakukannya, bersabarlah! Anggap saja perkataan buruk itu adalah ujian bagimu.
Dan ketahuilah, dia yang senantiasa mengihamu dengan perkataan buruknya, sesungguhnya dia telah menunjukkan bahwa dia tidak lebih baik darimu.

Sabarlah! Sebab Yang Hina Sebenarnya Adalah Dia Yang Tidak Bisa Menjaga Lisannya Dengan Bijak


Iya, sabarlah! Sebab yang hina sebenarnya adalah dia yang tidak bisa menjaga lisannya dengan bijak. Maka belajarlah untuk tidak terusik walau orang lain sengaja mengusikmu dari perkataan buruknya, karena dengan demikian seburuk apapun perkataan buruk orang lain padamu, tentu kamu tidak akan mudah untuk amarah.

Tenangkan Hatimu, Anggap Saja Perkataan Buruknya Adalah Ujian Bagimu Agar Kesabaran Dan Ikhlasmu Tetap Terjaga


Tenangkan hatimu, anggap saja perkataan burukya adalah ujian bagimu agar kesabaran dan ikhlasmu tetap terjaga.
Karena yang namanya ikhlas dan sabar itu memang perlu dilatih, dan mungkin cacian atau hinaan orang lain padamu sengaja Allah hadirkan agar kamu bisa melatih hatimu untuk tetap kuat.

Anggaplah Perkataan Buruknya Adalah Pengingat Bagimu, Agar Sampai Kapanpun Kamu Tidak Mudah Berkata Buruk Pada Orang Lain


Dan anggaplah perkataan buruknya adalah pengingat bagimu, agar sampai kapanpun kamu tidak mudah berkata buruk pada orang lain.
Karena tidak sengaja berkata buruk saja rasanya menyakitkan, apalagi yang memang sengaja berkata buruk, maka tentu ha itu akan sangat menyakitkan.

Sadarkan Hatimu Untuk Tidak Terlalu Sedih, Karena Semua Yang Kamu Miliki Adalah Titipan Ilahi, Lantas Untuk Apa Kamu Bersedih?


Lagipula bila kamu lebih bijak merendahkan hatimu saat orang lain menghinamu, maka tentu untuk merasa sedih bagimu tidak akan mungkin.
Oleh karena itu, sering-seringlah menyadarkan hatimu bahwa di dunia ini kamu tidak punya apa-apa, semua yang kamu miliki adalah titipan ilahi, lantas apa yang membuatmu sakit hati? Sedang semuanya bukan milikmu, tapi milik Allah.

Ikhlaslah, Biarkan Dia Merendahkanmu Dengan Segala Ucapan Buruknya. Karena Saat Itu Pulalah Allah Akan Meninggikanmu Dengan Kebaikan-Nya


Maka ikhlaslah, biarkan dia erendahkanmu dengan segala ucapan buruknya. Karena saat kamu mampu ikhlas dengan penuh lapang hati, maka saat itu pulalah Allah akan meninggikanmu dengan kebaikan-Nya sebab mampunya kamu yang senantiasa bersifat ikhlas dan sabar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel